Menjadi Guru yang di HORMATI, di SEGANI dan di CINTAI

November 12, 2011 at 5:00 am 3 komentar

terinspirasi bukunya Abdullah Munir “Super Teacher”

 

Menjadi sosok guru yang saya jadikan judul diatas sepertinya memang sulit sekali, tetapi saya yakin kita sebagai guru mampu dengan catatan harus mau selalu berinovasi, menjadi tauladan dan tidak gampang putus asa.

Ok, jangan berbelit-belit lagi, kita intip aja bagaimana sih caranya agar kita mewujudkan cita-cita menjadi sosok guru yang di HORMATI, di SEGANI dan di CINTAI…

1. WIBAWA

Secara sederhana kita dapat mengartikan wibawa itu sebagai kemampua dari seseorang untuk dapat mempengaruhi dan menguasai orang lain. dan biasanya WIBAWA ini muncul di karenakan orang tersebut mempunyai kharisma dan performa yang baik.

kharisma itu biasanya di bawa orang sejak lahir, karena kharisma itu bisa di bilang adalah hal-hal yang melekat dari orang tersebut. jadi orang yang mempunyai kharisma tidak perlu belajar bagaimana menarik orang lain untuk memperhatikan dia, karena dia sudah mempunyai daya tarik tersendiri.

sedangkan performa tidak ada kaitannya dengan sifat bawaan, sehingga kita dapat belajar untuk menjadi performa yang baik. Guru yang cerdas dalam menjawab pertanyaan siswa akan terlihat lebih wibawa dari pada guru yang gagap.

performa juga biasanya merujuk pada prestasi kerja, jadi guru yang mempunyai prestasi kerja yang baik akan mampu menawan orang lain. dan berbeda dengan kharisma yang berupa fisik, performa justru bersifat nonfisik.

2. VISI

Seorang guru yang membawa Visi yang baik dan jelas dan di ikuti dengan tauladan yang baik untuk mewujudkan visi nya tersebut akan mudah di hormati dan di segani juga pasti akan di cintai oleh murid bahkan juga teman-temannya.

Visi di sini termasuk cara pandang guru terhadap profesinya, seperti apakah guru melihat profesinya sebagai bisnis (hanya pekerjaan) bukan sebagai perjuangan sehingga secara ikhlas seorang guru tersebut bekerja.

3. Membangun Ketegasan, Menjaga Kedekatan

bersikap tegas kepada siswa tidak otomatis membuat kedekatan guru dan siswa akan menjadi buruk, dan patut di catat juga untuk para guru, bahwa kedekatan guru pada siswa tidak akan meruntuhkan wibawa para guru.

Menurut saya, sekarang ini sudah seharusnya guru selain memerankan peran sebagai orang tua, harus juga bisa berperan menjadi seorang sahabat bagi para siswa, karena dengan menjadi sahabat mereka tidak akan sungkan untuk berbicara mengenai masalah yang mendera meraka dan kita juga bisa masuk ke daerah siswa yang lebih pribadi (daripada siswa memilih teman curhat yang tidak bertanggung jawab dan belum tentu mendapat solusi yang tepat). jadi ada waktu kita menjadi seorang guru, dengan bersikap tegas dan ada saatnya kita merangkul mereka menjadi seorang sahabat dengan cara mendengarkan apa yang mereka ceritakan tanpa menghakimi.

to be continue……

About these ads

Entry filed under: Pengalaman. Tags: .

Merengkuh Ramadhan PRINTER

3 Komentar Add your own

  • 1. cucokgrup  |  Februari 11, 2012 pukul 2:31 am

    siph

    Balas
  • 2. anna  |  Oktober 12, 2012 pukul 10:39 am

    blog ini sangat membantu. thanks

    Balas
  • 3. fatkhur  |  Oktober 30, 2012 pukul 5:10 am

    artikel yang berguna bos

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


About This Blog

Assalamualaikum Blog ini aku persembahkan untuk murid-muridku, Belajar TIK dari sini ya NAK!! untuk orang diluar sana yang suka PUISI, dan untuk mengembangkan karya-karya “mungkin” terbaikku selamat menikmati Wassalam

Ayat Al-Qur’an

November 2011
S S R K J S M
« Jun    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Yang Lagi Ngintip BLOG q

Kategori

Blog Stats

  • 47,096 pengunjung

Kabupaten Sidoarjo

sidoarjo1

Ayo Berbagi

&quotIndonesians’

movie1tu2 smp-banner

Ngenet?? Ya Speedy Aja Kalee

Speedy

Speedy


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: