Mengenal TV Tunner

Maret 28, 2009 at 1:28 am 2 komentar

tunner-tv
Sudah pernah menonton TV dan mendengar siaran radio dengan komputer ? Pasti ada yang sudah pernah. Nah, bagi yang belum pernah, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara agar kita bisa menonton TV dan mendengarkan radio dengan komputer yang kita miliki. Caranya, kita harus mempunyai lebih dahulu sebuah alat atau perangkat keras komputer yang bernama TV Tuner. Jika belum punya, TV Tuner saat ini bisa didapatkan/dibeli di toko-toko yang menjual perangkat komputer. Apa sih sebenarnya TV Tuner itu ? TV Tuner adalah sebuah hardware untuk menangkap siaran televisi dan radio FM.

Dengan TV Tuner kita dapat merekam siaran televisi yang sedang di tonton (video capture) dan dapat diputar kemudian dengan Windows Media Player. Dan kita juga dapat menangkap (memotret) gambar televisi dan menyimpannya ke dalam hard disk (snapshot), kemudian membuatnya menjadi wallpaper atau menggabungkannya ke dalam naskah. Demikian juga dengan radio, Anda dapat merekam siaran radio FM dan menyimpannya secara otomatis ke dalam hard disk (sound capture). Gambar yang dihasilkan TV Tuner sama seperti gambar yang dihasilkan televisi biasa, dan suara radio FM yang dihasilkan TV Tuner sama seperti radio stereo. Sedangkan hasil rekaman yang dihasilkan TV Tuner sama seperti aslinya (baik untuk TV maupun radio). Dengan TV Tuner, kita sudah memiliki TV dan Radio FM dalam komputer kita yang selangkah lebih maju dari TV dan radio stereo biasa.

Sebelum menonton TV di komputer, TV Tuner yang kita punyai harus dipasang pada CPU Komputer kita (card TV Tuner dipasang pada slot yang masih kosong pada CPU). Setelah itu, baru di instal software pendukungnya yang biasanya terdapat dalam satu paket yang kita beli. TV Tuner dapat dijalankan di komputer yang mempunyai sistem operasi Windows 98 SE, Windows Me, Windows 2000 maupun dengan Windows XP. Yang terbaik di antaranya adalah dengan Windows XP.

Selain dengan TV Tuner card, ada sebuah alat lagi yang membuat kita bisa menonton TV dengan komputer. Alat ini tidak perlu dimasukkan/dipasang dalam CPU komputer. Alat ini bisa diletakkan di atas CPU atau meja lain, kemudian dihubungkan ke CPU komputer dengan sebuah kabel. Alat ini juga memiliki sebuah antena, yang berfungsi menangkap sinyal siaran televisi dan radio. Alat ini lebih mudah digunakan dan bersifat portable (dapat digunakan pada komputer yang lain). Sekilas, bentuknya mirip seperti modem eksternal.

Entry filed under: TIK kelas 1. Tags: .

Search Engine Mengenal scanner

2 Komentar Add your own

  • 1. zulkarnain  |  Juni 17, 2010 pukul 2:35 am

    gak ada mereknya gan

    Balas
  • 2. kris  |  Mei 1, 2011 pukul 3:46 am

    boss kalau boleh tanya nich, TV Tuner saya punya setelah update dari 32 bit ke 64 bit sekarang kok malah tidak terdetek lagi di komputer saya, mohon info bagaimana solusinya boss, Trims.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


About This Blog

Assalamualaikum Blog ini aku persembahkan untuk murid-muridku, Belajar TIK dari sini ya NAK!! untuk orang diluar sana yang suka PUISI, dan untuk mengembangkan karya-karya “mungkin” terbaikku selamat menikmati Wassalam

Ayat Al-Qur’an

Maret 2009
S S R K J S M
« Jan   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Yang Lagi Ngintip BLOG q

Kategori

Blog Stats

  • 51,511 pengunjung

Kabupaten Sidoarjo

sidoarjo1

Ayo Berbagi

&quotIndonesians’

movie1tu2 smp-banner

Ngenet?? Ya Speedy Aja Kalee

Speedy

Speedy


%d blogger menyukai ini: