Pendampingan di kelas merupakan langkah riil menjaga kualitas guru

April 14, 2009 at 8:42 am Tinggalkan komentar

Peningkatan kualitas sudah dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari peningkatan jenjang pendidikan guru yang dulu dari SPG menjadi setara D2, sampai sekarang guru-guru menjadi setara S1. Tunjangan pendidikan juga diberikan kepada guru agar kualitas mereka bertambah baik. Peningkatan kualitas guru juga dilakukan dengan berbagai ragam pelatihan untuk guru. Namun itu semua belum banyak memberikan perubahan yang signifikan.

Pendampingan terhadap guru dalam kelas

Pendampingan terhadap guru dalam kelas

Ada kencenderungan guru bahwa mereka menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi bukan karena termotivasi untuk meningkatkan kaulitas diri, tetapi sekedar termotivasi agar dapat tersertifikasi yang berarti meningkatkan penghasilan. Nah masalah kaulitas diri..? Nanti dulu.

Hal lain yang sering terjadi adalah guru-guru mengikuti seminar, pelatihan workshop dan sebagainya juga lebih banyak dilatarbelakangi hanya untuk mengumpulkan bukti-bukti fisik untuk kepentingan portopolio. Apa aksi mereka setelah pelatihan? ya kembali seperti yang dulu.

Nah, ada cara yang lebih efektif untuk menjamin bahwa pelatihan tersebut terus bisa ditindaklanjuti sampai di kelas-kelas oleh para guru. Setelah para guru dilatih tentang suatu kompetensi tertentu sebaiknya diteruskan dengan program pendampingan di kelas-kelas.

Apa itu pendampingan?

Pendampingan adalah program follow up dari pelatihan yang telah dilaksanakan untuk kemudian mengunjungi kelas-kelas di mana para guru bekerja. Di sana pendamping bisa melihat implementasi guru dalam menerapkan keterampilan yang telah dilatihkan di dalam kelas. Pada bagian mana sudah mampu dilaksanakan dengan baik oleh para guru, dan pada bagian mana guru masih merasa kesulitan dalam menerapkannya. Pendamping dapat memberikan bantuan teknis terhadap kesulitan-kesulitan tersebut, bisa dengan memberikan contoh mengajar ataupun dengan memberikan masukan-masukan yang diperlukan.

diambil dari sunartombs.wordpress.com

Entry filed under: TIK kelas 1. Tags: .

6 Indikator Pengelolahan Kelas Yang BERHASIL Guru Kreatif???Kenapa Tidak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


About This Blog

Assalamualaikum Blog ini aku persembahkan untuk murid-muridku, Belajar TIK dari sini ya NAK!! untuk orang diluar sana yang suka PUISI, dan untuk mengembangkan karya-karya “mungkin” terbaikku selamat menikmati Wassalam

Ayat Al-Qur’an

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Yang Lagi Ngintip BLOG q

Kategori

Blog Stats

  • 51,557 pengunjung

Kabupaten Sidoarjo

sidoarjo1

Ayo Berbagi

&quotIndonesians’

movie1tu2 smp-banner

Ngenet?? Ya Speedy Aja Kalee

Speedy

Speedy


%d blogger menyukai ini: