Bahasa Pemograman

April 21, 2009 at 1:15 am 1 komentar

Perangkat lunak bahasa merupakan program khusus yang sudah dibuat oleh pabrik computer atau perusahaan perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan program aplikasi.program ini berfungsi sebgagai penterjemah program yang ditulis dengan bahasa pemprograman computer menjadi bahasa mesin yang dapat di mengerti oleh computer .bila perangkat lunak bahasa ini tidak tersedia,maka pembuat program harus menuliskan programnya langsung dalam bahasa mesin yang berbentuk bilangan biner,dan hal ini sangat sulit dan rumit.

Perangkat lunak bahasa dapat dikategorikan menjadi:
1. Assembler(perakit):merupakan program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan(assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin.

dengan bahasa simbolik,masing2 kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner,tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic.program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program sumber(source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan program objek(object program=OBJ).proses pembuatan program obyek dari program sumber juga akan menapilkan daftar keslahan2 sintaks(jika ada)yang dibuat oleh pemprogram.kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di proses lebih lanjut.

Walau penulisan program dengan bahasa simbolik lebih mudah dibanding dengan bahasa mesin,tetapi harus dirasakan kesulitan karena penulis program harus:
• Mengetahui susunan serta fungsi dari masing2 register di dalam cpu.
• Mengetahui dengan persis cara alokasi memori komputer yang di gunakan.
• Mengetahui fungsi2 yang di sediakan oleh OS.

Untuk mengatasi hal ini telah dikembangkan suatu bahasa yang lebih dekat dengan pemakai komputer yang di sebut bahasa tingkat tinggi(high level language),misalnya basic,fortran,pascal c,dsb.
Program yang di tulis dengan bahasa tingkat tinggi ini harus di terjemahkan ke dalam bahasa mesin agar dapat di mengerti oleh komputer.penerjemah ini dapat berupa kompilator atau interpreter.kompilator menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe.contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal,c,dan masih banyak lagi.sedangkan interpreter menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe.contoh untuk ini adalah:basic versi baku,dbase,dan sebagainya.


2. compiler: menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe.contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal,c,dan masih banyak lagi.


3.interpreter: menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe.contoh untuk ini adalah:basic versi baku,dbase,dan sebagainya.

Bahasa pemograman juga dibagi berdasarkan 3 tingkatan yaitu ;

  1. Low Level language ; Merupakan bahasa pemograman generasi pertama. bahasa ini sering disebut kode atau bahasa mesin dimana bahasa mesin ini diwakili oleh angka 1 dan 0 yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sinyal elektronik dan bertugas memberitahu apa yang harus dikerjakan komputer.
  2. Middle Level Language ; Bahasa pemograman tingkat menengah yang penggunaan intruksinya telah mendekati penggunaan bahasa sehari-hari. bahasa ini mirip dengan bahasa mesin tapi sudah memudahkan programmer untuk mengganti angka dengan huruf. contoh ; FORTRAN (Formula Translator) dan Assembler.
  3. High Level Language ; Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mudah dimengerti, salah satunya adalah bahasa pemograman yang sering digunakan pada dunia bisnis dan komersial contoh ; COBOL sedangkan bahasa Pascal banyak digunakan untuk pengajaran.

Entry filed under: TIK kelas 1. Tags: .

Sistem Operasi Perangkat Lunak Aplikasi

1 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


About This Blog

Assalamualaikum Blog ini aku persembahkan untuk murid-muridku, Belajar TIK dari sini ya NAK!! untuk orang diluar sana yang suka PUISI, dan untuk mengembangkan karya-karya “mungkin” terbaikku selamat menikmati Wassalam

Ayat Al-Qur’an

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Yang Lagi Ngintip BLOG q

Kategori

Blog Stats

  • 51,557 pengunjung

Kabupaten Sidoarjo

sidoarjo1

Ayo Berbagi

&quotIndonesians’

movie1tu2 smp-banner

Ngenet?? Ya Speedy Aja Kalee

Speedy

Speedy


%d blogger menyukai ini: