How to speak in front of people ?

April 29, 2009 at 10:10 am Tinggalkan komentar

Walaupun banyak dari kita tidak suka berbicara di depan orang, ada waktu kita diminta untuk berdiri dan berkata beberapa kata tentang seseorang atau suatu topik dan  kita belum merencanakan apa yang ingin kita katakan. Kita lebih terkejut daripada orang lain. Apakah ini pernah terjadi pada Anda? Jika ini pernah terjadi pada Anda, bersiaplah untuk menghadapi tantangan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda gunakan pada saat anda dipanggil untuk berbicara.

1. Tentukan secara cepat akan satu pesan
Perlu diingat Anda belum diminta untuk memberikan sambutannya, tetapi Anda punya beberapa hal apa yang ingin Anda sampaikan. Ingat satu pesan dan fokuslah pada pesan itu. Kembangkan ide utama pesan tersebut.  Kadang-kadang ide mucul setelah Anda mulai mengatakan sesuatu. Jika hal ini terjadi, berbicaralah mengalir dan ikuti instict Anda.

2. Jangan coba dan hafal apa yang ingin Anda katakan
Mencoba mengingat hanya akan membuat Anda lebih gugup dan Anda akan menemukan diri anda berpikir lebih lanjut tentang kata-kata dan tidak fokus tentang pesan yang ingin Anda sampaikan.

3. Yakinlah dengan kemampuan Anda
Jika Anda sedikit punya persiapan, mulailah dengan kalimat pembuka.  Rencanakan kalimat pertama apa yang ingin Anda sampaikan. Seperti halnya ketika Anda punya persiapan, mungkin Anda pernah membuat poin-poin penting apa yang ingin Anda sampaikan. Jika Anda yakin punya 3 poin apa yang ingin Anda sampaikan, katakan saja: “Saya ingin menyampaikan 3 poin penting, pertama, kedua dan seterusnya … “.

4. Beri jeda atau transisi antara poin satu dengan poin lainnya
Setelah Anda menyampaikan poin penting, berilah jeda dengan transisi yang halus dan jelas antara poin yang satu dengan poin yang lain.

5. Kontak mata dengan audience
Pandanglah arah audience dan jangan memandang ke arah lain selain audience. Hal ini akan membuat audience lebih mengerti akan apa yang ingin Anda sampaikan.

6. Akhirnya, buatlah kesimpulan yang baik
Misalnya dengan mengatakan: “Pada poin terakhir ini saya ingin menyampaikan … ” atau “Sekali lagi say ingin mengatakan ….” dll.

Dengan sedikit praktek, proses ini akan terasa lebih alami untuk Anda. Dan Anda akan tidak perlu pusing-pusing untuk berpikir jika Anda sudah terbiasa.

Entry filed under: TIK kelas 1. Tags: .

M-Learning atau E-Learning ? Belajar Lancar, Bermain Pun Lancar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


About This Blog

Assalamualaikum Blog ini aku persembahkan untuk murid-muridku, Belajar TIK dari sini ya NAK!! untuk orang diluar sana yang suka PUISI, dan untuk mengembangkan karya-karya “mungkin” terbaikku selamat menikmati Wassalam

Ayat Al-Qur’an

April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Yang Lagi Ngintip BLOG q

Kategori

Blog Stats

  • 51,557 pengunjung

Kabupaten Sidoarjo

sidoarjo1

Ayo Berbagi

&quotIndonesians’

movie1tu2 smp-banner

Ngenet?? Ya Speedy Aja Kalee

Speedy

Speedy


%d blogger menyukai ini: